Apa Penyakit Alzheimer itu.

KKDD - Mungkin anda sudah sering mendengar nama penyakit ini. Tetapi tahukah anda seperti apa penyakit  Alzheimer itu? dan apa saja gejalanya, serta bagaimana cara mengobatinya? Alzheimer merupakan salah satu dari penyakit Neurologis yang menyerang otak manuisa.

Apa Penyakit Alzheimer itu.
Otak manusia yang diserang penyakit ini akan mengecil dan mengkerut. Penekit ini juga sering dikatakan berhubungan dengan penyakit dimensia (pikun). sesuai dengan nama penemunya yaitu dr. Alois Alzheimer yang pertama kali menemukan penyakit ini di tahun 1906.

Penyakit ini ditemukan pertamakali pada jenazah seorang wanita yang sudah meniggal yang disebabkan penyakit ganguan kejiwaan yang belum pernah ditemukan penyebabnya seblumnya.

Gejala Penyakit Alzemer :
  • Mengalami gangguan daya ingat seperti, mudah lupa dengan kejadian yang baru terjadi, atau seing lupa.
  • Kesulitan melalukan kegiatan sehari-hari.
  • Merasa bingung terhadap waktu misalnya, tanggal, bulan, atau tahun. bingung ketita berada di suatu tempat, atau tersesat dan ingat jalan pulang.
  • Mengalami kesulitan dalam memahami visuospasil misalnya membedakan warna, sulit membaca, menentukan jarak, atau bisa juga ketika hendak menuakan air kedalam gelas tetapi tidak tepat sehingga air menjadi tumpah.
  • Mengalami ganguan komunikasi contohnya, sulit mencari kata-kata yang tepat untuk berbicar, seringkali berhenti di tengah pembicaraan dan bingung harus melanjutkan dari mana.
  • Salah menaruh barang.
  • Sulit membedakan seuatu seperti memakai sepati kiri di kaki kanan dan sebaliknya, atau mengenakan yang tidak sesuai pasangannya.
  • Lebih sukan menyendiri.
  • Emosi tidak stabil seperti, mudah marah, depresi dan sangat tergantung pada orang lain.
Pengobatan Alzheimer :

Sayangnya sampai saat ini penyakit ini belum bisa disembuhkan. Dan penangan yang ada saat ini sifatnya hanya untuk meredakan gejala, menghambat perkembangan penyakit, dan membuat penderita bisa hidup semandiri munkin.

Adapun obat-obatan yang biasanya di resepkan dokter untuk seoran yang di diagnosa mengalami Alzaimer adalah galantamine, rivastigne, donepezil, dan memantine. dengan cara menigkatkan kadar dan aktifitas kimia didalam otak obat-obat ini mampu meredam gejala-gejala demensia atau kepikunan.

Ada juga metode lain selain obat-obatan yang digunakan untuk menangani penyakit ini. Yaitu dengan pengobatan pskologis seperti:
  • Stimulasi kognitif. Bertujuan untuk meningkatkan daya ingat, kemampuan menyelsaikan masalah, serta kemampuan berkomunikasi.
  • Terapi relaksasi dan perilaku kognitif. Bertujuan untuk mengurangi halusinasi, agitasi, delusi, ,kecemasan, juga dpresi yang umumnya dialami penderita Alzeimer.
 Selain dengan cara yang telah disebutkan diatas, ada baiknya jika dikombinasikan dengan menerapkan pola hidup sehat di rumah agar hasil yang didapat bisa lebih maksimal. Misalnya dengan rutin olahraga, konsumsi makanan sehat yang rendah lemak, dan kaya serat juga omega-3, menigkatkan aktifitas sosialisasi, dan juga melakukan kegiatan yang bisa menstimulasi otak seperti membaca buku atau mengisi teka-teki silang.

Untuk anda yang menderita penyakit Alzheimer atau meiliki keluarga yang menderita penyakit ini. Maka anda bisa mecoba tips di bawah ini di rumah:
  • Tulislah catatan mengenai hal-hal yang ingin anda lakukan kemudian anda tempelkan di tempat yang mudah anda lihat seperti, kulkas, pintu, atau televisi.
  • Buatlah pengingat atau alarm pada ponsel anda sebagai pengingat hal yang ingin anda lakukan, atau bisa juga dengan meminta keluarga atau orang yan bisa anda percaya untuk mengingatkan hal yang ingin anda lakukan.
  • Buat catatan kontak keluarga, kerabat, atau orang yang mungkin ada butuhkan pada buku telepon atau ponsel.
  • Simpan benda penting seperti kunci di tempat yang mudah anda ingat dan mudah terlihat.
  • Bila perlu anda bisa berlanggan koran setiap hari supaya anda tidak lupa dengan hari atau tanggal.
  • Pasang pengaman seperti, pegangan di kamar mandi atau tangga untuk menghidari terjatuh.
  • Kurangi jumlah cermin jika banyak cermin dirumah untuk menghindari kebingunan pada penderita Alzeimer, karena cermin bisa membuat penderita kebingunan atau malah ketakutan.
  • Aturlah letak perlatan yang ada di rumah anda agari tidak menggangu dan membahayakan penderita.
Nah itulah penjelasan singkat mengenai apa itu penyakit alzeimer itu. Semoga artikel ini bisa sedikit memberikan anda pengetahuan tentang penyakit alzheimer terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke blog ini sampai jumpa di artikel selanjutnya.     

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silakan berkomentar sesuai dengan topik. Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin, jadi mohon maaf apabila ada komentar yang tidak bisa ditampikan karena menlanggar ketentuan blog ini.